Nilai Diri Manusia Dapat diLihat Pada Akhir Hayatnya

Nilai Diri Manusia Dapat diLihat Pada Akhir Hayatnya
Mengenali diri sendiri dengan mengenali orang lain tidak akan sama hasilnya. Makin dalam mengenali diri sendiri maka makin banyak keburukan yang didapat dan makin rendah keadaannya dibanding orang lain. Bila hal itu menetap pada batin diri seseorang maka sedikit demi sedikit akan ada perbaikan namun akan tetap tidak pernah sempurna dalam meraihnya. Ketidak sempurnaan kondisi diri seseorang adalah merupakan kebaikan orang tersebut.

Makin dalam pengenalan kita kepada orang lain maka akan makin jelas dalam diri kita apakah menyenangi mereka atau kebalikannya malah makin membencinya. Oleh karena itu bersederhanalah dalam bersikap kepada seseorang sebab bisa jadi orang yang sebelumnya kita cintai ternyata kelak menjadi musuh kita dan sebaliknya orang yang kita benci dan musuhi dibelakang hari justru menjadi yang kita cintai dan sayangi.

Nilai diri manusia dapat dilihat pada akhir hayatnya. Jika akhir hayatnya dalam kebaikan (husnul khotimah) maka pertanda dia akan selamat di akherat.Namun bila akhir hayat seseorang dalam keburukan (su-ul khotimah) maka itulah tanda kehidupan akhiratnya tidak selamat walaupun selama hidupnya dia menampakkan kebaikan-kebaikan yang banyak.
Na'udzubillahi min dzaalik.

Walaupun demikian tidak boleh seseorang berpangku tangan dan enggan berbuat baik. Yang diperintahkan Alloh kepada kita adalah agar berbuat baik karena Nya bukan karena yang lain. Artinya berbuat baik agar Alloh ridlo kepada diri kita kendatipun orang lain berbuat hasut dan dengki kepada kita.Asal perbuatan itu bermanfaat untuk diri kita dan orang lain tanpa berbuat dholim pada makhluk Alloh maka tidak boleh seseorang meninggalkannya.

Ketahuilah sesungguhnya akhir yang baik bagi hidup seseorang lebih dekat terjadi pada orang yang selalu berbuat baik dan ikhlash sedangkan akhir buruk justru sangat dekat terjadi pada seseorang yang suka berpura-pura baik namun sebenarnya menyimpan keburukan dalam batin dan niatnya.
Na'udzubillahi mindzaalik.
Nilai Diri Manusia Dapat diLihat Pada Akhir Hayatnya 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

1 komentar:

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info