Tauladan Dalam Perilaku Hidup dan Panutan

Tauladan Dalam Perilaku Hidup dan Panutan-Mutiara Hati
Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah. Beliau merupakan sosok manusia biasa, sama halnya dengan manusia pada umumnya. Namun, yang membedakanya ialah Nabi Muhammad SAW mendapat hidayah Allah berupa Kenabian dan KerasulanNya untuk menjadi tauladan dalam perilaku hidupnya dan panutan dalam ajaran risalahnya
Mencermati firman Allah SWT dalam surat al-Fath ayat 29, maka setidaknya ada 4 (empat) ciri yang nampak pada pengikut Nabi Muhammad SAW, yaitu :

1. Asyidda-u 'alal-kuffar (keras terhadap orang-orang “kafir”) 
maksudnya bahwa pengikut Muhammad itu adalah orang orang yang senantiasa keras pendirian dan tegas kebijakannya terhadap orang-orang kafir. Ungkapan kata KAFIR adalah melekat pada sifat, yang sama halnya dengan kata mukmin dan munafik - bukan pada benda atau simbol suatu keyakinan seperti agama. Jadi bisa saja ada orang yang beragama Islam tetapi memiliki sifat kafir atau munafik.

2. Ruhama-u bainahum (Berkasih sayang bersama mereka)
maksudnya bahwa pengikut Muhammad itu saling mengasihi. Dalam teks ayat-ayat al-Quran, Allah Swt. menyebutkan untuk hubungan yang baik itu dengan kata RAHIMAT yang artinya kasih sayang, bukan dengan kata HUBBUN yang berarti cinta, karena cinta itu pasti pilih hati dan dapat saja ditinggalkan. Akan tetapi kasih sayang harus senantiasa dipelihara dan wajib hukumnya bagi setiap makhluk Allah. Sungguh, cinta itu hanya sampai pada hubungan persahabatan saja, sedangkan kasih sayang sampai pada hubungan persaudaraan. Cinta lebih dekat dengan nafsu, sedangkan kasih sayang sangat dekat dengan pengabdian, kepedulian, dan toleransi.

3. Tara-hum rukka'an sujjada (Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud)
maksudnya bahwa pengikut Muhammad itu senantiasa ruku’ dan sujud dalam arti tunduk dan taat terhadap aturan Allah Swt. Dengan menyembah kepadaNya. Perbuatan tunduk, taat dan menyembah itu dilakukan oleh pengikut Muhammad untuk mengharapkan ridha Allah Swt. semata.

4. Siima-hum fi-wuju-hihim min atsaris-sujuud( tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud)
maksudnya bahwa nampak pada muka orang-orang yang mengikuti Nabi Muhammad SAW itu adalah keteguhan iman, kesucian hati dan kearifan berfikir.
Tauladan Dalam Perilaku Hidup dan Panutan 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info