Nafsu itu Sangatlah Jahat dan Berbahaya

Nafsu itu Sangatlah Jahat dan Berbahaya
Dalam sebuah kitab yang ditulis oleh 'Ustman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syaakir Alkhaubawiyi, seorang ulama yang hidup pada abad 13 Hijrah, diterangkan bahwa sesungguhnya Allah swt telah menciptakan akal.

Maka Allah swt telah berfirman : "Wahai akal mengahdaplah engkau." Maka akal pun menghadap kepada Allah swt.

Kemudian Allah swt berfirman : "Wahai akal berbaliklah engkau!", lalu akal pun berbalik.

Kemudian Allah swt. berfirman lagi : "Wahai akal! Siapakah Aku?". Lalu akal pun berkata, "Engkau adalah Tuhan yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu yang daif dan lemah."

Lalu Allah swt berfirman yang bermaksud : "Wahai akal tidaklah Ku-ciptakan makhluk yang lebih mulia daripada engkau."

Setelah itu Allah swt menciptakan nafsu, dan berfirman kepadanya : "Wahai nafsu, menghadaplah kepadaKU!". Nafsu tidak menjawab sebaliknya mendiamkan diri.

Kemudian Allah swt berfirman lagi : "Siapakah engkau dan siapakah Aku?". Lalu nafsu berkata, "Aku adalah aku, dan Engkau adalah Engkau."

Setelah itu Allah swt menyiksanya ke dalam neraka jahim selama 100 tahun, dan kemudian mengeluarkannya. Kemudian Allah swt berfirman kepadanya : "Siapakah engkau dan siapakah Aku?". Lalu nafsu berkata, "Aku adalah aku dan Engkau adalah Engkau."

Lalu Allah swt menyiksa nafsu itu dalam neraka Juu' selama 100 tahun. Setelah dikeluarkan maka Allah swt berfirman kepdanya : "Siapakah engkau dan siapakah Aku?". Akhirnya nafsu mengakui dengan berkata, " Aku adalah hamba-Mu dan Engkau adalah tuhanku."

Dalam kitab tersebut juga diterangkan bahwa dengan sebab itulah maka Allah swt mewajibkan puasa.

Dalam kisah ini dapatlah kita ketahui bahwa nafsu itu sangatlah jahat dan berbahaya. Oleh karena itu hendaklah seorang hamba selalu mengawal dan menguasai nafsu itu, dan jangan biarkan nafsu itu mengawal atau menguasai kita, sebab bila dibiarkan nafsu yang menguasai hamba maka hamba tersebut bakal binasa.
Na'udzubillahimin dazaalik.
Nafsu itu Sangatlah Jahat dan Berbahaya 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info