4 Wanita Sholihah dalam Sejarah Islam

Rosulullah shollahu alaihi wassalam bersabda: "ADDUNYA MATA'UN WAKHOIRU MATA'IHA ALMAR'ATUS SHOLIHAH"yang Artinya: dunia adalah perhiasan dan sebaik baik perhiasan adalah wanita sholiha ( HR Muslim)
Bahwasannya wanita yang ingin masuk syurga pertama tama ialah beriman dan bertaqwa kepada Alloh Swt dengan bertaqwa, niscaya hati akan senantiasa selalu menjadi baik dalam perbuatan dan bertingkah laku apapun. Adanya hadis Rosulullah diatas, berkesimpulan bahwasannya wanita itu diibaratkan perhiasan, sebagaimana perhiasan wanita itu termasuk dalam istilah barang yang indah, mewah, mahal. Tapi tentunya perhiasan itu sendiri tidak lain adalah wanita sholihah, Dan wanita sholihah tersebut bukan dilihat dari dia muslimah yang berjilbab/berhijab saja, Akan tetapi yang paling penting ialah Muslimah dengan ketaatanya kepada Allah dan Rosulullah, dan itu dapat dilihat dari perbuatan dan tingkah laku yang dilakukannya.
Allah berfirman dalam alqur'an.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Wanita yang sholihah itu ialah wanita yang taat lagi memelihara dirinya ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah memelihara mereka 
( Qs.Annisa 34)

4 Wanita Sholihah dalam Sejarah Islam-nur qolbu
Jadi wanita yang solihah itu ialah wanita yang beriman & bertaqwa kepada ALLAH. Tunduk taat patuh terhadap apa yg diperintah kan oleh Allah dan Rosulunya. tidak melakukan perbuatan yang dimurkai Allah, Wanita sholihah calon bidadari syurga, cantik karena akhlaqnya, wajahnya berseri karena air wudhunya menarik dan mempesona karna Cintanya kepada Allah. Bahkan bidadari syurga pun iri terhadap wanita sholihah karena Wanita sholihah itu jauh lebih baik dari bidadari syurga.
Wanita sholiha Senantiasa menjaga kefardhuannya/kewajibannya, yakni sholat 5waktu, Berpuasa sebulan (romadhon). Ia selalu mendirikan sholat tepat waktu tidak mengulur ngulur waktu sholat, tidak menyibukkan sesuatu yang lainnya dari Sholat dan tidak melalaikan diri dalam beribadah kepada Allah.

Wanita sholihah menutup auratnya, ia berhijab sempurna terutama ketika hendak keluar rumah senantiasa menjaga pandangan mata dan menjaga kemaluannya, Tidak berkholwat/berdua duaan dengan lelaki yang bukan mahramnya. Ketika ia menjadi seorang istri ia adalah istri yang penuh dgn kasih sayang, selalu mencari keridhoan suami taat pada suami (dalam perkara yang ma'ruf) tidak membangkang, senantiasa menyenangkan hati suami. Menjaga dirinya dan harta suami Ketika suaminya tidak berada disampingnya, ia tidak menerima tangan laki2 lain selain suaminya, tidak mengeluarkan harta kecuali atas izin suaminya Bersyukur dan tidak kufur atas kebaikan kebaikan suami untuk dirinya.

Didalam sejarah islam ada wanita-wanita yang hebat yang mana menjadi panutan untuk kaum wanita-wanita Muslimah, wanita tersebut adalah wanita yang mulia juga wanita penghulu segala wanita didunia, dimana syurga selalu merindukan sosok wanita tersebut. Mereka adalah:
  1. ~ Siti asiyah binti muzahim
  2. ~ Siti maryam binti imron
  3. ~ Siti Khodijah binti khuwailid
  4. ~ Siti Fatimah binti Muhammad

1. Siti Asiyah

Siti Asiyah adalah wanita yang beriman kpd Allah subhanallahu wata'ala, Beliau adalah istri fir'aun. Fir'aun yang tidak beriman kepada Allah ia seorang raja penguasa yang dzolim yang kejam. Dengan kekuasaan yg berada ditangannya ia angkuh sombong kufur dan mendustakan Allah. Meskipun Asiyah hidup dalam kekafiran fir'aun, Asiyah tetap istiqomah dan teguh beriman kepada Allah meskipun pada akhirnya beliau disiksa oleh suaminya sendiri karena keimanannya kepada Allah.
Begitu beratnya Ujian yang asiyah hadapi itu tidak membuat imannya goyah beliau tetap teguh mempertahankan keimanannya dan dengan penyiksaan yang hadapinya smakin menguatkan imannya smpai akhirnya beliau wafat...
Dalam setiap penyiksaan yang dihadapi, beliau selalu berdo'a kepada Allah untuk Mmbangunkan sebuah rumah disyurga dan Allah pun mengabulkan doanya, yang mana do'a tersebut Allah abadikan dalam alqur'an.
Allah membuat isteri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. 
(ATahrîm ayat 11)

2. Maryam binti imran

Maryam binti imran atau Siti Maryam Merupakan anak tunggal dari keluarga imran dan ibundanya bernama Hana. Maryam masih keponakan Nabi zakariyah alayhissalam dan merupakan ibunda dari Nabi isa alayhissalam. Ayahanda maryam (imran) wafat ketika beliau masih dalam kandungan, dan setelah beliau dilahirkan ibundanya menyerahkan kepada pengurus rumah suci (baitul maqdis) untuk hidup mengabdi sepenuhnya kepada Allah menjadi pelayan/penjaga baitul maqdis, dan pamannya lah (Nabi zakariya) yang mengasuh mengurus segala kebutuhan Maryam.
Maryam adalah wanita suci yang tinggi derajat ketaqwaannya kepada Allah, beliau mampu menjaga kesucian dan kehormatan diri dalam mengabdikan dirinya kepada Allah, hari2nya dihbiskan untuk berdzikir beribadah kepadi Allah, hingga Sampe suatu ketika beliau menginjak dewasa beliau mendapatkan Amanah yang mana beliau akan mengandung seorang putra (yaitu Nabi isa). Sebagai mana firman Allah dalam alqur'an bahwa malaikat jibril datang menemui maryam dan menympaikan kabar yg menggmbirakan dgn kelahiran seorang putra.
Kemudian Allah meniupkan ruh kedalam rahim maryam Melalui jibril. Maka disitulah bermula keimanan dan ketaqwaan maryam diuji dengan berbagai fitnah dan hujatan, dimana masyarakat memandang buruk menuduh beliau sebagai seorang pezina, namun keimanannya kepada Allah tetap kuat dan teguh. Dialah Maryam wanita sholihah yang suci yg namanya diabadikan oleh Allah satu surat kusus didalam alqur'anul karim.
Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia 
( Al imran 42)

3. Sayyidina Khodijah

Sayyidina Khodijah adalah istri Rosulullah saw yang pertama dan merupakan istri satu-satunya yang mendapatkan keturunan. Sayyidina khodijah hidup dan besar dilingkungn suku quroisy beliau dikenal dengan julukan wanita yang suci karna keutamaan akhlak dan sifat terpujinya. Beliau adalah seorang istri yang penuh cinta kasih sayang dan kelembutan. Beliau adalah orang yang pertama beriman kepada risalah Rosululloh SAW dan menyatakan kesediaannya menjadi pembela setia nabi. Tatkala rosulullah mendapatkan wahyu dari yang untuk pertama Kalinya yang disampaikan oleh malaikat jibril digua hiro, beliau pulang menemui khodijah dengan penuh ketakutan Dan kringat yang bercucuran badan gemetar beliau meminta khodijah untuk menyelimutinya. Maka khadijah menyelimutinya dengan kasih sayang dan kelembutannya khodijah mampu menenangkan rosulullah dan akhirnya rosulullah tenang kemudian tertidur .

Bersama rosulullah khodijah turut menanggug kesulitan dan kesedihan atas perlakuan orang2 quroisy, akan tetapi beliau senantiasa menampakkan wajah keceriaan sehigga menambah kesabaran dan semangat rosulullah berjuang menyebarkan agama Islam. Khodijah pun merelakan seluruh harta bendanya untuk berjihad dijalan Allah membantu perjuangn rosulullah. Kebijakan, kelembutan, dan kebaikan khodijah senatiasa selalu dalam ingatan rosulullah bahkan setelah khodijah wafat rosulullah pun selalu menyebutnya dalam setiap kesempatan selalu memuji2 kebaikannya.

Dalam suatu cerita, diceritakan bahwa Aisyah merasa sangat cemburu tatkala rosulullah menyebut nyebut khodijah, Aisyahpun berkata" engkau selalu menyebut/ mengingat terus wanita tua itu padahal Allah telah menggantinya dgn seorang istri yang lebih baik darinya.seketika itu rosululloh marah kemudian berkata " demi Allah tidak ada yang dapat menggantikannya, dialah orang yang pertama kali beriman kepadaku tatkala yang lain mengingkariku, dialah yang membenarkanku tatkala yang lain mendustakanku, dia mmberikan seluruh hartanya kepadaku tatkala yang lain menahan pemberiannya, dan dari dialah aku mendapatkan keturunan. Dialah Khadijah binti Khuwailid, yang Allah pernah menyampaikan penghormatan (salam) kepadanya dan Allah membangunkan untuknya sebuah rumah di Syurga. Sebagaimana telah disebut dalam hadist
Jibril datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: Wahai Rasulullah, ini Khadijah datang kepada engkau dengan membawa bejana berisi lauk pauk atau makanan atau minuman. Apabila ia datang kepadamu, sampaikanlah salam kepadanya dari Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung dan juga dariku dan kabarkanlah berita gembira kepadanya mengenai sebuah rumah di surga yang terbuat dari mutiara di dalamnya tidak ada keributan dan kesusahan,
(HR Muslim dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu).

4. Siti fatimah

Beliu adalah putri bungsu rosulullah, Istri tercinta Imam Ali. Beliau putri kesayangan rosulullah dan beliu sangat mirip dengan rosulullah baik rupa maupun akhlaqnya. Aisyah ( istri rosulullah) pernah menyatakan" bahwa Fatimah orang yang paling mirip dengan rosulullah dalam ucapan Maupun pemikirannya. Beliau lahir dalam Masa-masa Kewahyuan Illahi dan kenabian rosulullah. Beliau Tumbuh besar dalam asuhan rosulullah langsung dimana dalam rumah mereka dipenuhi kalimat-kalimat Allah dan ayat-ayat suci Alqur'an.

Fatimah mempunyai kepribadian yang sangat mulia, wujudnya dipenuhi cinta dan keimanan, Betapa sangat mulia Akhlaqnya sehingga Rosulullah sangat menghormati beliau dan menjadikan beliau putri kesayangannya. Setelah ditinggal ibundanya (khodijah) wafat beliaulah yg merawat ayahandanya senantiasa berusaha menggantikan peran ibundanya. Fatimah turut menyertai ayahnya dalam berbagai cobaan dan ujian oleh perilakuan kaum musyrikin.

Suatu ketika rosulullah pulang dengan luka dan kepala rosulullah dilumuri kotoran isi Perut unta oleh kaum quroisy, Fatimah dengan hati-hati dan penuh cinta membersihkannya, mengobati luka-lukanya. Dan itu beliau lakukan dengan berlinang air mata dengan hati yang menangis. Fatimah sangat mencintai ayahandanya, dan oleh karena cinta kasih sayangnya yang sedemikian tercurah kepada Ayahandanya, maka rosulullah memangnggilnya dengan julukan Ummu abiha (ibu bagi bapaknya)
Dan dalam sabdaya rosulullah berkata,
Putriku yang mulia, Fatimah adalah pemimpin perempuan dunia di seluruh zaman dan generasi Ia adalah bidadari berwajah manusia Setiap kali ia beribadah di mihrab dihadapan Tuhannya, cahaya wujudnya menyinari malaikat Layaknya bintang-gemintang yang bersinar menerangi bumi
kisah sejarah wanita-wanita sholihah diatas seharusnya membuat kita sadar untuk berpikir dan mau merenungi untuk instropeksi diri sebagai mana mestinya seorang wanita itu menjadi wanita yg sholihah, kita jadikan beliau-beliau suri tauladan dan menambah semangat kita untuk selalu berusaha menjadi muslimah yg sholihah mencontoh akhlaq dan sifat-sifat terpunjinya kesabarannya, kekokohan imanya. Betapa Allah sangat memuliakan wanita Allah memberi penghormatan yg begitu sangat istimewa terhadap wanita-wanita sholihah, bahkan Wanita sholihah bisa masuk syurga dari arah pintu mana saja yang ia sukai.
idza shollatil martu khomsaha washomat syahroha wakhafidhot farjaha wa Atoat zaujaha qiilalahadkhuliljannata min ayya abwabiljannati syi'ti
Artinya:
"Apabila seorang wanita sholat 5 waktu, puasa sebulan, menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminy, Maka dikatakanlah kepadanya; masuklah engkau kedalam syurga dari pintu mana saja yang engkau sukai." (Hr Muslim)

Selagi kita masih diberi kesempatan hidup didunia ini marilah kita berusaha untuk menjadi Muslimah yang sholihah, apa yang diperintahkan oleh Allah mari kita lakukan dan apa yang dilarang oleh Allah kita tinggalkan. Siapa yang bisa melakukan apa yang diperintahkan ALLAH DAN ROSULNYA Pasti akan bahagia fiddunya wal Akhiroh, dan kelak diwafatkan dalam keadaan khusnul khotimah, InshaAllah. Amiin Allahumma Amiin ya robbal alamiin.
4 Wanita Sholihah dalam Sejarah Islam 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info