8 Tips Mencegah dari Penipuan Belanja Online

Sebagai seorang penulis blog tentunya banyak yang mengira tidak pernah tertipu belanja online dengan dunia internet yang digelutinya, tapi kali ini saya akan sharring tentang pengalaman saya ketika tertipu di supliyer online. 

Berikut ini ceritanya 

Setahun yang lalu saya gemar sekali berbelanja baju online karena ongkos yang gak begitu mahal buangeeetttttt,,,,sesuai kantong pokoknya hehehe... Saking seringnya aku belanja akhirnya temanku menyarankan untuk membuka usaha jualan baju online ya juga karena aku melihat bajuku sudah menumpuk jadi cukup untuk diriku sendiri pikir sudah saatnya aku harus mengumpulkan hasil tambahan dan aku pikir tak ada salahnya kalau aku terima ide itu. 

8 Tips Mencegah dari Penipuan Belanja Online-nur qolbu
Alur cerita aku di kenalkan dengan salah satu supliyer baju dari kota (s), waktu itu aku orderan pertama aku tawarin di whatsapp, ya maklum baru pertama jadi kutawarkan ke temen2 dekat dulu. Setelah berlanjut 2-5 bulan akhirnya makin ramai yang order di tempatku, dan orderanku di supliyerpun ku tambah lagi, waktu itu aku order sekitar 5 jutaan, biasanya memakan waktu 1-2 minggu untuk sampai barang ke tujuan, tapi kali ini agak aneh sudah sebulan lebih barangpun gak tiba2. Ku pikir ada penghambatan, ku coba telephone supliyer yang aku order tadi katanya sudah di kirim seperti biasanya, aku bilang barang sampai sekarang gak ada dan pelangganku menanyakan terus otomatis saya cemas sekali karena gak seperti biasanya. Dan saya kembali menelepon lagi supliyer tapi no. sudah tidak aktif dan orangnya tiba2 menghilang tanpa jejak. 
Sejak itu aku benar2 kecewa dengan semua yang terjadi, aku ingin lapor polisi tapi tak ada bukti tak ada daya lagi yang hilang tak kan kembali ya memang sudah bukan rizky, tapi di balik semua itu betapa teledornya kita percaya begitu saja kepada orang yang sama sekali tidak pernah kita ketahui seluk beluknya. 

Untuk shobat bloggers pesan saya jangan sampai tertipu belanja online hanya satu berhati2 dalam melangkah ke dunia bisnis online jika suatu hari anda mengalaminya pasti nasehat orang yang semula kita cuwekin pasti sangat berguna Dalam berbisnis bukan hanya menuruti ego dan ketidak puasan tapi menggunakan kesabaran dan kebijakkan sehingga dalam 2 sisi antara supliyer dan konsumen terbuka dan saling mengerti merasa tidak ada yang di rugikan dan tersakiti hatinya.

Berikut ini 8 Tips Berbelanja Oneline:

  1. Website yang Terpercaya Sebelum anda memulai berbelanja online, anda harus mencari tahu terlebih dahulu dimanakah website jual-beli yang terpercaya(minim penipu). 
  2. Anda bisa searching di internet mengenai website jual-beli yang sudah terpercaya dan carilah informasi juga mengenai orang-orang yang pernah berbelanja di website tersebut.
  3. Hindari Harga yang Terlalu Miring Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas dan tidak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, kecuali kalau penjual itu adalah penipu.
  4. Kenali Produk Kalau anda ingin membeli suatu produk, sebaiknya anda browsing dulu mengenai produk yang ingin anda beli, agar anda lebih mengenal tentang produk tersebut dan apa aja yang disertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya (kelengkapannya). Selain itu, supaya anda bisa mencocokan produk yang dijual sesuai atau tidak (harga, foto produk, kelengkapan) dengan iklan yang disediakan penjual.
  5. COD (Cash On Demand)Singkatan yang sering digunakan para Kaskuserketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar tidak  tertipu kalau berbelanja online. Jika seorang penjual gak bisa atau gak mau diajak COD, maka anda patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.
  6. Rekber (Rekening Bersama)Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga tidak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online, tapi carilah juga jasa rekber yang terpercaya. 
  7. Kenali orangnya Nah... biasanya teledornya disini tidak mau tahu tentang orangnya padahal sangat penting untuk mengenal orangnya dalam berbianis.
  8. Dan lagi tips dari saya minta no telephone rumah atau kantor supliyer dan alamat lengkap dan pastikan no telephone itu aktif jadi bukan hanya no hp saja karna no hp bisa saja di ganti.  


Hanya itu dari saya bagikan semoga 8 Tips Mencegah dari Penipuan Belanja Online bermanfaat buat sobat semua Salam bloggers, waspadalah dengan penipuan disekitar kita.
8 Tips Mencegah dari Penipuan Belanja Online 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info