Kiat Untuk Menggapai Keluarga Sakinah

Sebagi seorang muslin kita tentu mendambakan keluarga sakinah mawadah warahmah. Saat teman atau keluarga kita menikah, biasanya kita mendo’akan agar rumah tangga mereka menjadi keluarga yang sakinah. Lantas bagaimana agar kita bisa menggapai keluarga sakinah ?
Mari kita menggali nilai-nilai yang terdapat dalam al-Qur’an, sebagai berikut:
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. 
(QS. 30:21)

Dalam ayat di atas, Alloh SWT menyatakan bahwa bertemunya laki-laki dan perempuan merupakan salah tanda kekuasan Alloh SWT. Kenapa? Karena tidak mungkin terjadi cinta mencintai antar lelaki dan perempuan tanpa izin Alloh SWT. dan kita tahu bahwa Alloh SWT menciptakan berpasang-pasang
Kiat Untuk Menggapai Keluarga Sakinah-nur qolbu
Dalam sebuah hadits, nabi mengatakan bahwa sesuatu yang paling pertama diciptakan Alloh SWT ialah pena. Selanjutnya Alloh menyuruh pena itu, “Tulislah!, maka menulislah pena itu seluruh takdir makhluk yang ada di muka bumi 50 ribu sebelum bumi diciptakan. dan diantara takdir itu ialah jodoh.

Seorang muslim yang taat harus meyakini bahwa jodoh sudah ada di tangan Alloh. Sehingga ia tidak akan keluar dari aturan Alloh saat mencari jodoh dan juga tidak merasa khawatir terkait dengan jodoh. Orang yang memiliki keyakinan ini akan menghindari yang namanya pacaran sebelum akad nikah. Pacaran biasanya mendekatkan pelakunya ke arah perzinahan dan ini di larang dalam aturan Islam.

Banyak keluarga sakinah justru mereka tidak melakukan pacaran sebelum akad nikah. Masing-masing pasangan tidak pernah memikirkan laki-laki atau perempuan lain sebagai pembanding. Cintanya benar-benar murni dan terfokus pada pasangannya. Hal ini akan sangat berbeda dengan mereka yang sering berganti-ganti pacar. Ia akan membanding-bandingkan terutama kekurangan dari pasangannya ini banyak sekali terjadi dizaman sekarang.
Jadi salah satu kiat untuk menggapai keluarga Sakinah adalah:

Meyakini sepenuh hati, bahwa jodoh adalah takdir Alloh.

Selanjutnya, dalam ayat di atas Alloh mengatakan bahwa Dia menciptakan dari diri kamu istri-istri kamu. Hal ini mengandung dua penafsiran, 
pertama Alloh menciptakan istri dari jenis manusia, bukan dari jenis lain misalnya jin, hewan dan tumbuh-tumbuhan. 
Sedangkan penafsiran kedua ialah istri itu diciptakan dari diri sendiri laki-laki, yakni tulang rusuk sebelah kiri laki-laki.
Nabi mengatakan dalam haditsnya,
“Nasehatilah perempuan dengan lemah lembut, karena ia diciptakan dari tulang rusuk”.
Kalau kita memahami lebih lanjut, sifat dari tulang rusuk ini sangatlah halus dan cenderung bengkok. Jika kita meluruskannya dengan paksaan maka tulang rusuk itu akan patah atau terjadilah perceraian. Perempuan memiliki kekurangan seperti halnya laki-laki memiliki kekurangan, yakni sifat khusus “bengkok”. Ia akan mendahulukan perasaannya dalam setiap menyelesaikan permasalahan. Ia juga sering libur saat datang bulan, sehingga tidak melaksanakan sholat dan ibadahnya berkurang.

Namun di samping kekurangan, perempuan juga memiliki kelebihan. Tulang rusuk melindungi organ-organ yang lemah, misalnya jantung, limpa, dan lain-lain. Organ ini bisa mati jika tidak dilindungi tulang rusuk. Artinya seorang perempuan memiliki kemampuan melindungi anak-anak dari mulai hamil sampai beranjak dewasa. Perempuan sanggup menahan derita payah selama 9 bulan saat proses kehamilan. Ia merasa lemah namun tetap tabah karena memiliki harapan punya anak. Hal ini berbeda dengan sifat seorang laki-laki.

Laki-laki harus mengetahui sifat perempuan. 

Mengubahnya perlu dengan nasehat pelan-pelan dan baik-baik. Bersabarlah, jangan memaksakan untuk mengikuti idealisme sendiri(egois). Jika hal ini terjadi maka tulang rusuk kemungkinan akan patah atau terjadi perceraian. Laki-laki yang baik ialah yang sabar menghadapi perempuan. Nabi berkata: “Sebaik-baik kamu adalah yang baik dalam keluarga, baik terhadap anak dan istri”. 

semoga kutipan yang sederhana ini bisa menjadi motivasi dan renungan bahwa terciptanya keluarga sakinah mawadah warohmah adalah iman dan taqwa serta kesabaran sang suami untuk selalu meluruskan kehendak istri.
Kiat Untuk Menggapai Keluarga Sakinah 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

2 komentar:

  1. kapan ya saya bisa kayak tulisan diatas?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. opo maneh... iya sok nak wes gede to,,,

      Hapus

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info