Mendalami Makna Sabar dan Syukur

Terlintas kata Sabar dan syukur ini enak sekali diucapkan oleh manusia, namun kalau kita dalami makna dari bersabar dan bersyukur akan sulit dijalani, karena begitu sulitnya kedua perkara ini maka Alloh SWT menempatkan paling istimewa disisiNYA. banyak ayat-ayat Al-Quran menyebutnya salah satunya ayat berikut ini.

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕن شَڪَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡ‌ۖ وَلَٮِٕن ڪَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ۬

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.
(QS. 14:7)
satu ayat diatas sungguh mempunyai makna / arti yang sangat luas sekali, sebagai muslim tentu ancaman bagi mereka yang mengkufuri nikmat sangatlah menatakutkan karena Alloh SWT, berjanji akan membalas dengan siksaan yang sangat pedih dan sangat. begitu murahnya rahmat alloh kepada hambanya sehingga umat manusia lupa dengan kenikmatan-kenikmatan yang mereka peroleh, hanya orang-orang yang diberi hidayahlah akan tahu nikmat yang mereka dapat.
Mendalami Makna Sabar dan Syukur-nur qolbu
Selepas dengan nikmat-nikmat tersebut makna yang paling mendalam lagi kata "SABAR" banyak orang lalai dengan hal ini bahkan mereka  sanggup berbuat diatas keegoisan mereka, tak bisa dipungkiri kesabaran yang paling dahsyat hanya kepada junjungan kita Rasululloh SAW. beliaulah manusia paling sabar diantara makhluk-makhluk Alloh, dan Rosulullohlah manusia yang paling besyukur kepada Alloh.

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesungguhnya Allah adalah beserta orang-orang yang sabar.
S. Al-Baqarah ayat 153
Begitu dahsyatnya kesabaran sehingga alloh menyatakn dalam surat diatas alloh selalu menyertainya. kita renungi ayat diatas, banyak hal dimuka bumi ini yang harus kita hadapi, tantangan hidup, cobaan silih berganti bisa dibilang hilang satu tumbuh seribu, namun kadang kita khilaf kemarahan, keegoisan, kekejaman selalu menyemati diselah-selah kita saat menghadapi cobaan, kembalilah wahai manusia semua itu tak akan ada gunanya, mintalah pertolongan alloh dangan sholat, ingatlah bahwa alloh selalu menyertai mereka yang bersabar.

kita ambil hikmah dari kedua ayat diatas, sabar dan bersyukur adalah kedua hal yang mungkin akan terlupakan jika manusia menghadapi masalah namun berusahalah selalu mengingat kedua ayat diatas, insyaalloh kita akan selamat dunia dan akhirat, amin... amin... amin... ya robbal 'alamin...
Mendalami Makna Sabar dan Syukur 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info