Mensyukuri Kenikmatan Ibadah Kepada ALLAH SWT

Bismillahirrohmanirrohim Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang maha pengasih lagi maha pemurah Sholawat serta salam tetap tertuju kepada junjungan kita nabi agung muhammad shollallahu 'alaihi wassalam Sahabat semua tentunya masih banyak yang belum paham tentang kenikmatan ibadah kepada Allah. Memang kadang kita banyak sekali mengeluh dengan ujian hidup, meski sebenarnya semua ujian itu pasti ada hikmah yang baik di baliknya. Untuk itu mari kita kaji sejenak tentang kenikmatan ibadah kepada Allah subhanahu wata'ala InsyaAllah kita akan temui pelajaran yang indah untuk kita. 
Mensyukuri Kenikmatan Ibadah Kepada ALLAH SWT-nur qolbu

PENGERTIAN KENIKMATAN IBADAH 

Tidakkah kenikmatan ibadah itu terlintas oleh anda sesaat saja, ketika anda di malam -malam Ramadhan? Ketika imam sholat tarawih membaca Al-Qur'an dengan kusyu' di sertai isak tangis, dan pada saat itu anda berdiri di belakangnya hanyut dalam kenikmatan ayat-ayat yang di baca, larut bersama suasana, dan jiwa anda merasakan kegembiraan? Anda pun berharap sholatnya berlanjut waktu sahur. 

Tidakkah kenikmatan ibadah itu terlintas oleh anda sesaat saja, ketika anda masuk ke dalam baitul haram (ka'bah),lalu anda memandangi sekelilingnya? Anda bergegas berdo'a di multazam, anda merasakan sepertinya Allah azza wajalla sedang bersama anda yang mendengarkan do'a anda, anda terus mendesak-NYa, meminta jawaban untuk setiap persoalan yang anda hadapi, anda berharap krpada-Nya, Dzat yang maha kuasa atas segala urusan. Pada saat itu anda menangis dan merintih. Jiwa anda pun merasa gembira seandainya do'a itu terus berlanjut hingga menjelang waktu sahur. 

Pernakah anda merasakan yang demikian? Inilah pengertian al-Ladzdzah secara istilah. Karena tidak ada pengertian yang mengandung makna lebih dalam kecuali perasaan nikmat. Inilah pengertian yang saya maksud agar anda mengerti dan mengenal makna al-Ladzadzah, mengetahui sarana untuk mencapai kenikmatan dan mengenal ciri -ciri orang yang merasakan kenikmatan itu. Adapun makna secara harfiyah, Ibnu manzhur (wafat th.711H) di dalam bukunya "
Lusan Al -A'rab; 3/506":al -Ladzdzah adalah al -Ladzadzat.
Allah azza wajalla berfirman: 

وانهرمن خنر لذةللشر بين 

"Sungai -sungai dari khamr (arak ) yang lezat rasanya bagi peminumnya "
(Q.S mukhammad:15)

yaitu yang memiliki kelezatan. Pengertian ini tidak bersandar kepada pengaruh nikmat yang di rasakan di dalam tubuh (rasa nikmat jasmani).Di dalam kesempatan yang lain Ibnu faris berkata di dalam buku "mu'jam maqayyis al -Lughah:
"Bahan pokok yang baik menunjukkan sesuatu itu memiliki rasa yang sedap '' 
Maka makna ini lebih sempurna dan spesifik. Orang- orang yang beribadah akan mendapatkan kenikmatan iman di dalam hati mereka, manisnya bermunajat di dalam dzikir,ketenangan jiwa di saat ruku' dan sujud. Itulah kenikmatan sebagai salah satu alat indra yang sangat di damba-dambakan oleh jiwa yang muthmainah. 

Ibadah adalah cinta dan ketundukkan yang sempurna. Sobat semua, pada saat anda mencintai,namun anda tidak tunduk kepada Nya, maka anda belum menjadi hamba Nya. Dan pada saat anda tunduk kepada Nya tanpa ada rasa cinta, anda pun belum menjadi hambaNya, sampai anda menjadi Orang yang mencintai dan tunduk kepada Nya. Anda harus menyertakan cinta anda kepada Allah azza wajalla di dalam ibadah yaitu al-muhabbah, meskipun pada hakekatnya cinta itu telah tertanam di dalam jiwa setiap muslim. Jika tidak, dia belum beribadah kepada Allah, maka hendaknya dia menghadirkan cinta itu untuk meraih kenikmatan yang di dambakan. 

Semoga artikel diatas bisa menjadi renungan buat kita semua untuk selalu mensyukuri nikmat yang di berikan oleh Allah azza wajalla kepada kita dan semoga kita semua tetap berpenggang teguh pada ajaran Rasulullah nabi akhir zaman yang senantiasa mencintai umatnya hingga akhir hayatnya aamiin...
Mensyukuri Kenikmatan Ibadah Kepada ALLAH SWT 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info