7 Sifat Seorang Istri Sholihah Kepada Suami

Dalam kehidupan keluarga islam tentu tidak lepas yang dinamakan istri yang shalihah. istri shalihah merupakan permata hati di setiap keluarga dan cahaya yang terus menerus menerangi keluarganya. jangan pernah bilang kalau seorang istri shalihah hanya untuk agamanya, namun istri yang sholihah lebih dari itu semua, amanat yang ditanggungnya pun sangat berat sekali. seperti sabda Rasululloh SAW. bahwa sebagian besar penghuni neraka adalah wanita, barometer inilah yang harus menjadi acuan seorang wanita harus lebih giat lagi menjalani perintah Alloh dan Rasulnya, Berikut ini kami coba sajikan buat anda wanita sholihah semoga menjadi motivasi untuk mengarungi bahtera rumah tangga Tanamkan 7 Sifat Seorang Istri Sholihah Kepada Suami, Apakah hal-hal itu?

1. Sifat Wanita Haruslah Penuh Kasih dan Sayang

7 Sifat Seorang Istri Sholihah Kepada Suami-nur qolbuMembahagiakan suami adalah mutlak harus sudah tertanam dalm jiwa istri yang sholihah, serta selalu meminta maaf kepada suami adalah hal yang harus dilakukan, bukan karena kita harus kalah namun dengan kedua sifat diatas adalah bukti nyata akan adanya kasih sayang dalam jiwa seorang istri sholihah. sebagaimana hadist Rasululloh SAW :

أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا، الَّتِى إِذَا غَضِبَ جَاءَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِي يَدِ زَوْجِهَا، وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوقُ غَضْمًا حَتَّى تَرْضَى

Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tidak dapat tidur sebelum engkau ridha.
(HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257. Silsilah Al-Ahadits Ash Shahihah, Asy-Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287)
Baca: 4 wanita sholihah dalam sejarah islam

2. Sifat Wanita Sholihah harus Siap Melayani Suami

Sifat wanita sholihah yang kedua adalah selalu melayani suami, yakni selalu menyiapkan apa yang dibutuhkan suami seperti menyipkan makanan, minuman, tempat tidur dan banyak lagi, hal ini terkadang terlupakan oleh seorang wanita dikala dia merasa jenuh saat didera musibah. sebenarnya kalau wanita sedikit bersabar tentu hasilnya akan baik, perlu diingat kalau ridho seorang istri tergantng kepada ridho seorang suami.
Baca: Wanita Sholihah Yang diSayang Rasululloh

3. Sifat Wanita Sholihah Selalu Menjaga Rahasia Suami.

Sifat menjaga sangatlah berat sekali, namun seberat apapun itu tetap pada statement yang dia pegang. apalagi kalau rahasia ini adalah rahasia yang harus disimpan dengan rapi, apakah itu? Rahasia tentang hubungan suami istri:
Asma’ bintu Yazid r.a menceritakan: dia pernah berada di sebelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Waktu itu ada kaum lelaki dan wanita sedang duduk. Lantas Rasululloh SAW bertanya: “Barangkali ada seorang suami yang menceritakan apa yang diperbuatnya dengan istrinya (saat berhubungan intim), dan barangkali ada seorang istri yang mengabarkan apa yang diperbuatnya bersama suaminya?” Maka mereka semua diam tidak ada yang menjawab. Aku (Asma) pun menjawab: “Demi Allah! Wahai Rasulullah, sesungguhnya mereka (para istri) benar-benar melakukannya, demikian pula mereka (para suami).” 
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَلاَ تَفْعَلُوا، فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِثْلُ الشَّيْطَانِ لَقِيَ شَيْطَانَةً فِي طَرِيْقٍ فَغَشِيَهَا وَالنَّاسُ يَنْظُرُوْنَ

Jangan lagi kalian lakukan, karena yang demikian itu seperti syaithan jantan yang bertemu dengan syaitan betina di jalan, kemudian digaulinya sementara manusia menontonnya.
(HR. Ahmad 6/456, Asy-Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Adabuz Zafaf (hal. 63) hadits ini shahih atau paling sedikit hasan)
Baca: Wanita Sholihah Yang dialah Pendamping Suami

4. Sifat Wanita Sholihah Selalu berpenampilan yang Cantik dan Menarik

Sebagai seorang wanita sholihah untuk urusan cantik dan menarik adalah keharusan. karena dialah sang sebaik-baik perhiasan, jangan sampai kalau sang suami kalau memandang tidak menyenangkan. hal ini harus sudah menjadi kewajiban seorang istri,Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.
 (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

5. Sifat Wanita Sholihah Tidak Menyibukkan diri

Maksudnya kalau suami berada dirumah jangan sampai istri sholihah dengan menyibukkan diri dengan amalan-amalan sunnah yang mengakibatkan sang suami akan terhalang ketika ingin istima' (bernikmat-nikmat) terkecuali kalau memang sang suami mengizinkan hal ini. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya.
(HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026)
Baca: Kedudukan Hak Suami Kepada Istri

6. Sifat Wanita Sholihah Pandai mensyukuri pemberian serta kebaikan suami

Sebagai istri sholihah haruslah bersyukur kepada sang suami atas pemberian sang suami serta tidak melupakan kebaikannya, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian dia melihat darimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: “Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali.
(HR. Al-Bukhari no. 29 dan Muslim no. 907)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَى امْرَأَةٍ لاَ تَشْكُرُ لِزَوْجِهَا وَهِيَ لاَ تَسْتَغْنِي عَنْهُ

Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur kepada suaminya padahal dia membutuhkannya.
(HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa. Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 289)
Baca: Aku Akan Menjadi istri yang taat bagimu

7. Sifat Wanita Sholihah Bersegera memenuhi ajakan suami

Dalam hal ini harus lebih ditekankan lagi dalam hal hubungan suami istri, terkecuali kalau anda sang istri mempunyai alasa yang syar'i. maka anda bisa menolaknya, memang hal ini sepele namun bukankah hal sepele bisa menjadi besar. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا مِنْ رَجُلٍ يَدْعُو امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَتَأْبَى عَلَيْهِ إِلاَّ كَانَ الَّذِي فِي السَّمَاءِ سَاخِطًا عَلَيْهَا حَتَّى يَرْضَى عَنْهَا

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak (enggan) melainkan yang di langit murka terhadapnya hingga sang suami ridha padanya.
(HR. Muslim no.1436)

إِذَا بَاتَتِ الْمَرْأَةُ مُهَاجِرَةً فِرَاشَ زَوْجِهَا لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تَرْجِعَ

Apabila seorang istri bermalam dalam keadaan meninggalkan tempat tidur suaminya, niscaya para malaikat melaknatnya sampai ia kembali (ke suaminya).
(HR. Al-Bukhari no. 5194 dan Muslim no. 1436)

Demikianlah 7 sifat-sifat wanita shalihah yang harus tertanam dalam jiwa dan hati seorang muslimah, Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi taufik kepada kita agar dapat menjadi wanita yang shalihah, amin. Baca : Istri yang Menyejukkan Hati
7 Sifat Seorang Istri Sholihah Kepada Suami 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info