Apakah Peran Ulama? dan Apa Fungsi Ulama?

Kata-kata Ulama sering kita dengar sekali baik dikenal oleh kalangan atas dan juga kalangan bawah, yang pasti nama atau gelar ulama ini sangat populer sekali ditanah air kita indonesia. kata ulama sendiri terbentuk dari kata jama' atau banyak yang berasal kata alim yang berarti orang yang mempunyai ilmu. melihat lebih jauh lagi kata ulama merupakan kata yang merujuk kepada orang mempunyai ilmu agama yakni ulama uddin yang berarti orang yang berilmu agama islam. gambaran ini tersirat dalam kitab karya besar imam ghozali yaitu kitab ihya ulumuddin yang bermakna menghidupkan ilmu-ilmu agama islam.

Pada umunya kata din ini tidak kita sebut dalam keseharian kita. bukan untuk dibuang melainkan dengan cukup berkata ulama sudah menunjukkan kalau hal ini sudah berkaitan dengan orang yang berilmu agama islam. Maksud dari ulama sendiri cukup kita ketahui dalam bidang ilmu syariah, ilmu aqidah, ilmu tauhid, tafsir al-Qur’an, ilmu hadist dan lain sebagainya. Seseorang yang berilmu dalam bidang selain agama islam, maka penyebutannya harus lengkap atau bisa disebutkan bidangnya. contohnya ulama bidang kedokteran, ulama bidang astronomi dan lain sebagainya.
Apakah Peran Ulama? dan Apa Fungsi Ulama?-nur qolbu
Peran ulama sangat berat sekali seseorang yang berilmu dalam agama islam tapi dia bukanlah muslim, maka statusnya bukanlah ulama tapi ilmuwan. Ulama sangat terikat sekali dengan ilmunya. terikat yang bagaimana? inilah salah satu pengemban berat sebagai ulama, ulama mempunyai ilmu kalau tidak mengamalkan, maka ulama diancam dengan ayat-ayat berdosa besar. selain itu apabila orang awam melakukan kesalahan dosanya cukup satu, maka untuk ulama mendapatkan dosa berkali-kali lipat.

Para ulama adalah pewaris para nabi. mungkin dalam benak kita berfikir apakah yang diwariskan para nabi kepada ulama? yang jelas warisannya bukan harta benda, namun lebih kepada fungsi dan tugas para nabi bisa dikatakan kalau ulama adalah pengemban tugas generasi sesudah para nabi. kedudukan para ulama ini sangat tinggi sekali setelah sepeninggal rasululloh saw. Tugas ulama adalh mengawal aqidah, menegakkan syariah, beramal maruf nahi munkar, menjawab pertanyaan dan menentukan hukum yang belum tersurat dalam al-Quran, Hadist dan Tabi’in.

Di negara Islam khususnya di Timur Tengah peran ulama ditangani oleh Mufti. Mufti adalah seorang pejabat negara yang setingkat dengan menteri yang berperan untuk memberikan fatwa dan juga menjadi kelompok ulama-ulama besar. Karena Indonesia bukanlah negara Islam seperti ditimur tengah, maka tidak ada orang khusus yang mengurusi agama islam, yang ada hanya lembaga Majelis Ulama Indonesia atau disingkat MUI.
Itulah peran dan fungsi ulama sebenarnya sebagai pewaris tugas para nabi. ulama adalah kumpulan orang-orang alim yang bertanggung jawab kepada Alloh dalam urusan aqidah dan dakwah islam.
Apakah Peran Ulama? dan Apa Fungsi Ulama? 9.4 out of 10 based on from 80.230 ratings. 2 user

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

  © copy right Nur Qolbu 2013 Template By Kang Miftah Modified by JASA SEO | Jasa Penulis | Buka Info